CARA MEMPERBAIKI IPHONE 7 PLUS MATI TOTAL

IPhone 7 plus merupakan ponsel unggulan Apple yang dirilis akhir tahun 2016. Ponsel ini digadang-gadang yang terbaik saat itu. Dibalik banyak kelebihannya, tetap saja jika dipakai secara tidak semestinya, kemungkinan rusak tetap ada. Mulai dari masalah layar, audio, signal sampai mati total bisa dialami oleh penggunanya.


Pada kesempatan kali ini, VTIGA Kursus Service HP dan Laptop akan membahas cara memperbaiki HP iPhone 7 plus yang mati total.
Saat kita hendak memperbaiki sebuah ponsel yang mati total, cukup banyak rangkaian yang perlu diperiksa. Mulai dari rangkaian power supply, rangkaian oscillator,  rangkaian CPU dan memory serta beberapa rangkaian lainnya.  Pada dasarnya, asalkan CPU sudah bisa bekerja dengan baik, rangkaian-rangkaian lain yang disebut di atas tidak perlu lagi diperiksa. Oleh karena itu, kita mengedepankan pemeriksaan CPU. Salah satu trik pemeriksaan CPU yang tercepat dan termudah adalah menggunakan PC. Dengan menghubungkan ponsel ke PC melalui port USB. Dengan software iTunes kita dapat melihat komunikasi antara PC dan iPhone 7 plus.

Apabila iPhone 7 plus tersebut masih bisa terdeteksi oleh PC, kita meyakini rangkaian CPU dalam HP masih bekerja baik. Namun jika iTunes tidak bisa mendeteksi adanya iPhone yang terhubung, CPU dalam ponsel belum bekerja baik.
Tentu, kita tidak langsung menuduh CPU rusak dalam kondisi tersebut. Ada yang perlu kita periksa terlebih dahulu sehubungan dengan masalah CPU tidak bekerja. Diantaranya adalah rangkaian Power Supply yang mendistribusikan tegangan listrik ke CPU dan IC-IC lainnya.
Rangkaian Power Supply berpusat pada sebuah IC Power.  Kita bisa lihat letaknya di gambar berikut


C power ini bekerja mengubah tegangan dari baterai yang sebesar 3,7 volt menjadi tegangan yang dibutuhkan oleh IC-IC lain di ponsel. Tanpa listrik dari baterai, IC Power mustahil bisa bekerja. Untuk itu, salah satu pemeriksaan awal dari perbaikan kerusakan iPhone 7 plus yang mati total adalah memeriksa jalur baterainya menuju IC power. Jalur baterai yang bermula dari konektor baterai akan disambung ke IC Current Gauge. Vbat keluaran dari IC ini, akan dikirim ke IC Power. Jalur distribusi listrik ini tidak boleh terganggu atau terputus. Untuk jelasnya lihat gambar berikut

Selain jalur supply power supply, kita juga perlu memerhatikan jalur saklar on-off. Kerusakan jalur ini akan menimbulkan gejala, ponsel tidak bisa dinyalakan, tetapi saat di-charge proses pengisian baterai bisa berlangsung. Jalur ini menghubungkan saklar on-off ke IC Power
Apabila salah satu dari jalur yang di atas putus, maka ponsel akan menjadi mati total. Sambung segera jalur tersebut menggunakan kawat jumper.
SEMOGA BERMANFAAT
Previous
Next Post »